Rabu, 29 Oktober 2008

Dasar - dasar elektronika ponsel

Pengenalan Komponen Elektronika Perangkat Handphone

Komponen yang terdapat dalam Pesawat Telepon Selular ini sangat penting sekali karena tanpa adanya salah satu dari komponen tersebut Pesawat elepon Selular tidak akan dapat bekerja atau diaktifkan, sedangkan untuk komponen itu sendiri terbagi beberapa macam yaitu:

Komponen Aktif

1.1. Transistor (pada ponsel sebagian besar ditulis dengan kode V ),

Fungsi dari komponen ini adalah :

1. Sebagai penguat Arus / Tegangan

2. Sebagai penguat frekwensi / sinyal

3. Sebagai pembangkit frekwensi / sinyal dan arus / tegangan

4. Sebagai saklar otomatis
Untuk pemasangan transistor tersebut tidak boleh terbalik, apabila terbalik Transistor tidak berfungsi dan akan mengakibatkan kerusakan. Fungsi dari Transistor tergantung dari letak komponen tersebut, apabila Transistor terletak pada bagian Power, berarti Transistor berfungsi sebagai penguat Arus/tegangan. Apabila dibagian sinyal, berarti berfungsi sebagai penguat sinyal.

IC ( Integreted Circuite )

IC adalah kumpulan dari beberapa komponen yang telah dirangkai kedalam satu Chip dan berfungsi sesuai dengan tugas dari masing-masing IC. Pada Ponsel Terdapat dua jenis IC, yaitu IC kelabang dan IC BGA. Pada IC BGA digunakan Plat BGA untuk mencetak ulang kaki IC yang telah diangkat, agar pemasangannya lebih baik dan semua kaki dapat menempel dengan baik pada papan PCB (Port Circuit Board)

Ciri-ciri yang terdapat pada IC :

a. Memiliki kaki yang banyak

b. Untuk menentukan letak kaki 1 nya dengan melihat tanda titik pada fisiknya.

c. Membaca nomor kaki IC BGA dengan berdasarkan tanda disebelah kiri dari titik dibaca dengan Huruf (A,B,C…) dan disebelah kanan dari titik dibaca angka (1,2,3,….) berarti dibaca = A1, B2, dan seterusnya

d. Untuk kaki IC kelabang dibaca berlawanan arah dengan jarum jam dari titik yang ada pada IC tersebut

e. Pemasangan IC tidak boleh terbalik, apabila terbalik IC akan rusak

4 komentar:

Asep mengatakan...

apabila IC terbalik maka akan rusak
selain efek rusak apalagi....

reparasi hp mengatakan...

Apabila IC terbalik maka akan berakibat sangat buruk bagi hand phone yang akan di reparasi,seperti hand phone akan mati total.

volley mengatakan...

boleh juga nich pengetahuannya ttg ponsel.kira2 mo produksi hp ndri ga?

reparasi hp mengatakan...

sepertinya untuk memproduksi sendiri khususnya pada handphone untuk saat ini sepertinya tidak mungkin sebagai rencana kedepan yaa..boleh juga....!!!